Adsense Indonesia

Selasa, 06 November 2012

Cara Mudah dan Gampang Membersihkan AC Rumah Sendiri

Sebenarnya mudah saja untuk membersihkan AC Rumah sendiri dan itu jika kita punya waktu luang misalnya hari libur atau hari Sabtu Minggu, 3 bulan sekali tidak ada salahnya kalau kita gunakan waktu tersebut untuk membersihkan air conditioner unit Rumah, Hal yang harus disiapkan sebelum membersihkan debu-debu yang menempel di Outdoor maupun Indoor air conditioner split dengan service air conditioner salah satunya adalah :
  1. Kuas ukuran sedang,sikat gigi yg tidak terpakai.
  2. Obeng + (plus),- (Min)
  3. Selang alir(kalau ada),gayung,ember,detergen pencuci pakaian.
  4. Lakban(untuk menutup saklar listrik yang terbuka)
  5. Tangga
Sebelum membersihkan Indoor dan Outdoor air conditioner matikan semua sumber listrik yang menghubungkan dengan air conditioner unit tersebut, untuk yang pertama kita bersihkan adalah:

Outdoornya dengan langkah langkah sebagai berikut:

  1. Pakai kuas untuk membersihkan debu atau kotoran yang menempel di kisi-kisi pendingin (yang berbentuk seperti radiator mobil), pakailah sikat gigi untuk membersihkan di tempat yang sempit dan kuas tidak menjangkau area itu,membersihkan untuk tahap awal ini kita tidak perlu air dan detergen, langkah ini tidak di wajidkan membersihkan dari dalam, karena debu yang menempel itu hanya luarnya saja dan membersihkan dari dalam di langkah berikutnya yang perlu detergen dan air, atau bahan kimia yang sesuai.
  2. Apabila sudah bersih dari debu-debu kita lanjutkan langkah berikutnya,yaitu :
  • Siapkan ember plastik (bak plastik)dan detergen, penuhilah air dan tuangkan detergen secukupnya (setengah genggam tangan orang dewasa).
  • Buka penutup outdoor yang terbuat dari plastic yang dikait oleh 2 baut (tergantung dari merk air conditioner split).Ambil gayung,dan isi air dari bak tadi dengan ¼ air saja berkali kali,kemudian:
  • Siramkan ke kisi kisi air conditioner dari sisi depan, anda tidak perlu melepaskan Fan nya (kipas), apabila dianggap mengganggu silahkan di lepas tetapi jangan lupa ketinggalan atau baut slip, karena akan mengurangi kinerja AC.Siramlah dengan cara mengayunkan tangan anda agak kuat (pengganti dari mesin penyemprot yang di pakai oleh Jasa pembersih AC), siramlah  dari sela sela fan,siramlah kearah depan dan kearah kiri,jangan menyitam kea rah terlalu kanan,karena box yang di lindungi oleh plat seng itu adalah mesin komperssor(kalau di kipas angin namanya Dinamo)
  • Ulangi cara diatas sampai benar-benar air yang menetes ke bawah itu bening dan tidak bercampur dengan kotoran seperti penyiraman pertama.(kurang lebih 3 ember ukuran sedang) untuk penyiraman terakhir jangan memakai detergen fungsinya untuk membilas agar detergen itu hilang dan tidak menimbulkan karat
  • Apabila sudah bersih pasang kisi plastik yang melindungi Fan(kipas).diamkan sampai benar-benar kering kurang lebih 2 jam.
Singkatnya untuk membersihkan AC sendiri adalah sebagai berikut heheheh..... filter, kondensor, dan outdoor unit alias kompresor..

Pertama, bersihin blower. tuh yg didalam ruangan. buka tutup blower pake obeng, copot filter ac. filter tuh yg kayak kawat nyamuk. cuci bersih pake air dan sabun cuci biasa. trs jemur sampai kering.

Kedua, bersihkan kondensor. tuh modelnya spt sayap2 radiator gt. terbuat dari aluminium. kondensor ini kl ac lagi nyala terasa dingin dan berair. kl lg kotor, ya banyak debu nemplok di sana. Gimana cara bersihin kondensor, tukang ac itu biasanya pake larutan kimia untuk pembersih aluminium. dia semprot2 tuh larutan ke kondensor.. trs nunggu sebentar, langsung membilasnya dengan air bersih.Ya agak ribet sih waktu membilas itu, butuh plastik dan wadah air kotornya. karena biasanya mereka membilas dengan nyemprotin air dari kompresor. maka aliran airnya gede.. Bisa aja kita membilas dengan cara nyemprot2 air pakai semprotan tanaman atau setrikaan.. yg ini alirannya lebih kecil. jadi airkotornya bisa terbuang lewat jalur pipa air ac.
Nah, bilasnya mesti bersih ya.. biar seluruh zat kimia pembersih aluminium itu hilang total.. kl gak dia bisa ngegerus terus tuh pipa kondensor. Yg paling gampang bersihin outdoor unit... caranya mirip bersihin kondensor di dalam.. semprot2 in tuh zat kimia pembersih aluminium ke kisi2 yg mirip radiator itu, tunggu sebentar, dan bilas dengan air bersih dari keran... semprot seluruh kisi2 aluminium pada kompresor.

Selesai....................

Beres... pasang lagi tuh penutup blower dan filternya...

Tidak ada komentar:

Nonton Bareng Di BlitzMegaPlex Kelapa Gading

Nonton Bareng Di BlitzMegaPlex Kelapa Gading
Putu2...saat mo nonton.....;)

My Multiply

Free Service

Free Domain Names @ .co.nr!blog-indonesia.com
Navigation by WebRing.