Kamis, 27 November 2008

Perkataan Juga Perbuatan

Kalau anda yang bertanya, apa sebenarnya perkataan itu? Itu sama juga halnya dengan anda bertanya apa itu bidak catur dalam permainan catur ?

Sesungguhnya tidak ada seorangpun yang mampu berbicara tentang kebenaran; jika dia belum mampu menguasai dirinya sendiri, sehingga dia tidak mampu mengutarakannya, bukannya dia tidak cukup pandai. Kebenaran hanya bisa dinilai bahwa kebenaran itu sudah tinggal didalamnya, bukan kepalsuan dan hanya sesekali keluar dari kepalsuan dan menuju kebenaran.

Kehidupan itu selalu berevolusi, semua menuju kesatu arah yaitu maju, jadi sesungguhnya tidak ada yang dikatakan bodoh, atau pintar, mengerti atau tidak mengerti, baik atau jahat, perbedaannya hanyalah, yang satu sudah lebih maju sedangkan yang lain masih di belakang. Demikian juga dengan benar dan salah. Yang benarnya tadinya juga berasal dari yang salah. Maka sungguh bodohlah dan tetaplah bodoh kalau seseorang masih mempertahankan kekeliruannya dimasa lampau, walaupun itu hanya merupakan perkataan saja. Sebab Perkataan itu juga merupakan cermin dari perbuatan dan juga diikuti perbuatan.

Tidak ada komentar: