Senin, 01 Desember 2008

Membikin Halaman Website Pertama Anda Dengan Frontpage

Sekarang setelah Anda berhasil melakukan tutorial yang pertama tentang membuat sebuah halaman website dengan menggunakan microsoft word, kita mulai tutorial berikutnya. Membuat website pertama anda dengan Ms-frontpage (Microsoft Frontpage / FP) (Kenapa FP? Karena penggunaannya F-ektif, F-isien, dan F-F lainnya).

Program ini seharusnya sudah ter-install ketika anda menginstall Microsoft Office pertama kali. Jika dalam komputer Anda belum terdapat FP, maka Anda diharuskan meng-install-nya dengan cara memasukkan cd Microsoft Office kedalam CD-rom Anda.


Sebagai asumsi Anda membikin website tentang cara membikin website (Kenapa?
Supaya ada contoh-contohnya).


Dengan Frontpage (FP) bikinlah halaman website anda yang pertama layaknya anda menggunakan Ms-Word. Berikut adalah hal-hal yang perlu diingat (dilaksanakan!) dalam mengisi halaman tersebut.


  1. Gunakanlah kata-kata dalam topik website anda sebanyak mungkin di kalimat-kalimat yang menghiasi website Anda, tetapi jangan sampe bikin pusing dan berbelit-belit.

  2. Gunakanlah kalimat-kalimat yang mudah dicerna, hindari penggunaan jargon dan gunakan definisi untuk jargon-jargon yang anda gunakan (Kenapa? Karena tidak semua orang se-jenius kita).

  3. Gunakanlah gambar yang ukuran file-nya kecil (dimensi vs ukuran file). Dan sebisa mungkin batasi 5 gambar pada sebuah halaman (Kenapa ? Sehingga orang-orang yang koneksi internetnya becak-speed tidak ketiduran).

  4. Simpan halaman yang sudah jadi dengan nama file menggunakan dash "-" seperti bikin-website-sederhana.htm disarankan (ditekankan!) untuk tidak menggunakan underscore "_" atau spasi " " (Kenapa ? pakai dash mudah dibaca dan digunakan untuk optimisasi website, underscore sulit diketik dan dibaca, spasi mempersulit optimisasi website).

  5. Berikanlah judul atau 'Title' yang sesuai seperti "Membikin website pertama secara sederhana dan mudah" (tanpa menggunakan ").

  6. Pilih tab HTML dari pilihan -Page-HTML-Preview-(dibawah halaman anda yang terbuka), lalu buka program Notepad (Start - All Programs - Accessories - Notepad) dan Copy-Paste code berikut ini:



  7. Contoh:

    Description: Cara membuat website pertama anda secara sederhana melalui langkah
    terperinci.

    Keywords: website, buat, terperinci, sederhana, mudah. Untuk keywords Anda harus ingat untuk tidak memasukkan semua istilah dari kamus! (Kenapa ? rahasia dong, biar tidak dianggap pelanggaran website) Gunakan istilah-istilah yang memang sering anda gunakan dalam halaman Anda (Kenapa ? Mungkin Anda pernah mencari suatu informasi dari google dengan mengetikkan kata kunci dan kemudian informasi yang ditampilkan website yang terdaftar ternyata adalah gambar-gambar atau iklan-iklan porno, kesel kan?). Atau sebaliknya jika anda menginginkan keywords tertentu, maka isikan keywords tersebut ke bagian keywords content dan kemudian isilah halaman anda dengan kalimat-kalimat yang
    menggunakan keyword-keyword tersebut. Intinya sesuaikan keywords dengan isi halaman anda.
  8. Periksa ulang dan simpan halaman Anda.

Tutorial selanjutnya adalah tentang menyimpan halaman atau website anda di internet melalui jasa web hosting dan domain.
Information From

Tidak ada komentar: