Jumat, 16 Januari 2009

Mobil Baru

Toyota Passo Sette, Minivan 7-Seater RingkasKolaborasi Toyota Motor Corp. (TMC) dan Daihatsu Motor Co. kembali meluncurkan minivan 7-seater berukuran ringkas, tepat di Hari Natal 2009. Kedua minivan itu dipasarkan di Jepang dengan nama Toyota Passo Sette dan Daihatsu Boon Luminas.

Mininvan berukuran 4 meter ini cukup lapang untuk mengakomodasi tujuh penumpang, tapi cukup kecil untuk bermanuver dengan mudahnya di lalulintas kota maupun tempat parkir yang sempit.

Dalam rilisnya, Toyota menyebutkan, minivan ini dilengkapi banyak fitur menarik untuk membantu pengemudi. Juga fitur-fitur kenyamanan yang disukai konsumen.

Toyota Passo Sette dan Boon Luminas menawarkan tambahan fleksibilitas bagi ibu-ibu yang memiliki anak kecil dan membantu mendukung gaya hidup aktif mereka. Kursi-kursinya bisa diatur sesuai kebutuhan.

Toyota Passo Sette (Sette berarti tujuh dalam bahasa Itali) dan Daihatsu Boon Luminas (luminas gabungan dari kata ‘roomy’ dan ‘luminous’) menggunakan mesin yang sama 1.5 liter. Berdasarkan pengujian di Jepang, konsumsi bahan bakar mesin ini mencapai 15,6 km tiap liter bensin. Tersedia dengan sistem penggerak roda depan maupun empat roda.

Kedua minivan itu di produksi di Kyoto Plant, milik Daihatsu Motor Co. Target penjualan bulanan di Jepang adalah 3000 unit untuk Toyota Passo Sette dan 500 unit untuk Daihatsu Boon Luminas.

Meskipun ukurannya ringkas, minivan ini memiliki fleksibilitas pengaturan kursi seperti minivan berukuran lebih besar. Kursi baris kedua dan ketiga mudah dilipat untuk menciptakan ruang bagasi lapang dan rata. Variasi penataan kursi bisa dilakukan, menyesuaikan dengan jumlah penumpang dan bagasi.

Kaca depan (windshield) menggunakan kaca dengan lapisan penahan inframerah untuk mengurangi ketidaknyamanan karena terpaan sinar matahari. Kaca-kaca juga dilapisi penahan sinar ultra-violet. Sebagai fitur standar, dilengkapi dengan AC automatic.

Sebagai fitur optional, minivan ini dilengkapi dengan sistem pandu untuk mundur yang memberi panduan lewat suara dan secara visual, mengukur dan memberi proyeksi rute secara grafis lewat layar. Fitur ini sangat membantu untuk parkir di tempat sempit. Optional pada Toyota Passo Sette lainnya adalah ‘Music Server’ dengan CD player, AM/FM stereo, dan in-built flash memory yang bisa menyimpan sekitar 660 menit audio content dari CD.

Seperti model-model Toyota lain, minivan ini dilengkapi daftar panjang fitur keselamatan termasuk 6 airbags, Vehicle Stability Control, Traction Control dan Active headrest serta ABS.

Vehicle Stability Control memonitor traksi lateral pada permukaan jalan licin dan secara otomatis mengontrol engine output dan distribusi daya rem. Sistem ini bekerja sama dengan Traction Control untuk mengendalikan roda slip saat start atau akselerasi di jalan licin. Minivan ini juga dilengkapi dengan curtain airbags yang melindungi tubuh bagian atas penumpang mulai dari kursi depan hinggga baris ketiga.

Struktur body-nya mampu menahan benturan dari banyak arah sesuai dengan konsep dan persyaratan GOA (Global Outstanding Assessment) body. Juga di rancang untuk mengurangi resiko cidera pada pedestrian.

Spesifikasi Toyota Passo Sette

Panjang

4.180 mm

Lebar

1.695 mm

Tinggi

1.620 mm

Wheelbase

2.750 mm

Panjang interior

2.550 mm

Lebar interior

1.415 mm

Tinggi interior

1.310 mm

Radius putar minimal

5,2 m

Tipe mesin

3ZR-VE

Kapasitas

1.495cc

Transmisi

4AT

Daya maksimal (kW(PS)/rpm)

80 (109)/6.000

Torsi maksimal (N-m(kg-m)/rpm)

141 (14,4)/4.400

Konsumsi bahan bakar(km/l)

15,6

Sumber:Toyota Motor Corp.

Tidak ada komentar: