Selasa, 03 Februari 2009

India Segera Wujudkan Laptop Rp 100 Ribu

Fransiska Ari Wahyu - detikinet

ilustrasi (ist)
New Delhi - Beberapa waktu lalu, dikabarkan India tengah mengembangkan sebuah laptop seharga US$ 10 atau sekitar Rp 100 ribu untuk memajukan pendidikan jutaan anak di India . Banyak pihak yang menyangsikan realisasi dari program tersebut.

Sekarang kabar tersebut kembali mencuat. Laptop itu akan diproduksi secara massal. Sepertinya pemerintah India begitu optimistis bahwa proyek ini akan benar-benar terealisasi.

Kendati detail tentang laptop murah tersebut belum diungkap secara gamblang, pejabat kementerian pendidikan India, R.P Agrawal menyebutkan bahwa laptop itu akan tersedia dalam tempo enam bulan.

"Laptop tersebut dibandrol pada harga US$ 10. Jika para orang tua ingin menghadiahkan sesuatu untuk buah hatinya, mereka dapat dengan mudah membeli laptop ini," ujar Agrawal, seperti dikutip detikINET dari AFP, Selasa (3/2/2009).

Disebutkan bahwa laptop tersebut dibekali dengan memori 2GB dan koneksi internet nirkabel. Namun, pemerintah India belum menunjukkan prototipe laptop tersebut, dan juga tidak bersedia menjelaskan bagaimana cara memproduksi laptop murah itu.

Pemerintah India memang serius dalam mengembangkan gadget hemat energi untuk daerah pedalaman. Untuk keperluan ini, pemerintah India menganggarkan dana lebih dari 46 miliar Rupee atau sekitar US$ 939 juta dolar.

( faw / fyk )

Tidak ada komentar: