Rabu, 12 Mei 2010

12 Mei 2010

Hari ini Rebo Kliwon, tepatnya tanggal 12 Mei 2010 Masehi, 28 Jumadilakir 1943 tahun jawa aku merasa capek sekali, capek semua. Seharian di tempat kerja harus menyelesaikan audit 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) atau 5S (Seiri, Seiton, Seisho, Seiketsu, Shitsuke). Semua harus selesai dalam satu hari untuk 3 divisi.Ya itulah resiko sebuah kerjaan, pekerjaan yang selalu bekerja pada orang (beda dengan pengusaha atau wiraswasta, do'ain aku ya semoga bisa menjadi pengusaha, minimal bukan bekerja pada orang lain hehehhehehhe...). Dengan sekuat tenaga aku kerjakan, meski banyak tekanan dari para audtitee yang begitu merespon efektivitas berjalannya 5R atau 5S selesai juga. Tinggal membuat report hasil audit 5R / 5S.

Begitu banyak kendala saat kita menghadapi para operator dengan latar pendidikan dan culture yang berbeda-beda, habit dan attitude yang beraneka ragam pula. Dari masalah nilai audit bulan lalu yang tidak sesuai dengan asumsi mereka sampai masalah checksheet yang kami gunakan.

Namun dengan kondisi seperi itu kita auditor merasa senang karena itu menunjukkan antusias yang tinggi untuk menindaklanjuti apa itu sebenarnya 5R atau 5S sehingga bisa menjadi budaya dalam sebuah perusahaan atau minimal area mereka sendiri. Oh..ya bukan itu saja, setiap winner untuk hasil audit tiap bulan ada reward untuk mereka dari Juara satu (Nilai tertinggi, hingga ke tiga) dengan thresold 80%. sedang untuk yang tertinggi selain dapat 1 poin (senilai 25 ribu rupiah) juga mendapatkan gift yang senilai sekitar 50 ribu rupiah diberikan kepada seluruh personil dan PIC area tersebut. Ternyata ada kesalahan dari aku. wekekkek bahwa yang dapet poin hrs diatas poin 4.25 tapi yang 3.88 aku informasikan keseluruh personil dapet juga...wah....
Bangkrut...... ya,..tidak masalah akhirnya revisi pemberian reward aku informasikan kembali, complain sono sini dateng........Ya begitulah akibat tidak cermatnya aku hari ini yang akhirnya harus engganti kecerobohanku.... Hiks.....

Tidak ada komentar: