Jumat, 03 Agustus 2012

Placenta Previa

Plasenta previa adalah plasenta yang berimplantasi atau tertanam pada segmen bawah rahim dan menutupi sebagian atau seluruh ostium utri internum. Angka kejadian plasenta previa adala 0,4 -0,6 % dari keseluruhan persalinan. Pada awal kehamilan, plasenta mulai terbentuk, berbentuk bundar, berupa organ datar yang bertanggung jawab menyediakan oksigen dan nutrisi untuk pertumbuhan bayi dan membuang produk sampah dari darah bayi. Plasenta melekat pada dinding uterus dan pada tali pusat bayi, yang membentuk hubungan penting antara ibu dan bayi.


Klasifikasi plasenta previa berdasarkan terabanya jaringan plasenta melalui pembukaan jalan lahir pada waktu tertentu,  yaitu:


- plasenta previa totalis : bila seluruh pembukaan jalan lahir tertutup oleh plasenta,

- plasenta previa lateralis : bila hanya sebagian pembukaan jalan lahir tertutup oleh plasenta,

- plasenta previa marginalis : bila pinggir plasenta berada tepat pada pinggir pembukaan jalan lahir,

- plasenta previa letak rendah : bila plasenta berada 3-4 cm diatas pinggir pembukaan jalan lahir.

Etiologi atau penyebab plasenta previa belum jelas. Bahwasanya vaskularisasi yang berkurang, atau perubahan atrofi pada desidua akibat persalinan yang lampau dapat menyebabkan plasenta previa tidaklah selalu benar, karena tidak nyata dengan jelas bahwa plasenta previa didapati untuk sebagian besar pada penderita dengan paritas yang tinggi atau sering melahirkan

Perdarahan tanpa alasan dan tanpa rasa nyeri merupakan gejala utama dan pertama dari plasenta previa. Pada setiap perdarahan antepartum, pertama kali harus dicurigai bahwa penyebabnya ialah plasenta previa sampai kemudian dugaan itu salah.


ANATOMI

Plasenta berbentuk bundar atau hampir bundar dengan diameter 15-20 cm dan tebal lebih kurang 2,5 cm. Beratnya rata-rata 500 gram. Umumnya plasenta terbentuk lengkap pada kehamilan 16 minggu dengan ruang amnion membesar sehingga amnion tertekan kearah korion.


Letak plasenta biasanya umumnya di depan atau di belakang dinding uterus, agak ke atas ke arah fundus uteri. Hal ini adalah fisiologis karena permukaan bagian atas korpus uteri lebih luas, sehingga lebih banyak tempat untuk berimplantasi. Di tempat-tempat tertentu pada implantasi plasenta terdapat vena-vena yang lebar (sinus) untuk menampung darah kembali. Pada pinggir plasenta di beberapa tempat terdapat suatu ruang vena yang luas untuk menampung darah yang berasal dari ruang interviller di atas. Darah ibu yang mengalir di seluruh plasenta diperkirakan naik dari 300 ml tiap menit pada kehamilan 20 minggu sampai 600 ml tiap menit pada kehamilan 40 minggu. Perubahan-perubahan terjadi pula pada jonjot-jonjot selama kehamilan berlangsung. Pada kehamilan 24 minggu lapisan sinsitium dari vili tidak berubah akan tetapi dari lapisan sitotropoblast sel-sel berkurang dan hanya ditemukan sebagai kelompok-kelompok sel-sel; stroma jonjot menjadi lebih padat, mengandung fagosit-fagosit, dan pembuluh-pembuluh darahnya lebih besar dan lebih mendekati lapisan tropoblast.


INSIDENS
Insidens atau kejadian plasenta previa adalah satu dari 250 kehamilan. Insidens berganda pada kehamilan kembar seperti kembar dua atau tiga. Wanita berumur lebih dari 30 tahun cenderung mendapat plasenta previa.


ETIOLOGI DAN PATOFISIOLOGI

Penyebab pasti plasenta previa belum diketahui. Kondisi yang multifaktorial telah dipostulatkan berhubungan dengan multipara, gestasi berkali-kali, umur kehamilan dini, kelahiran dengan sesarea sebelumnya, abortus, dan mungkin merokok. Berbeda pada pedarahan trimester awal, pada perdarahan trimester dua dan tiga biasanya sekunder karena implantasi abnormal dari plasenta. Plasenta previa diawali dengan implantasi embrio (embryonic plate) pada bagian bawah (kauda) uterus. Dengan melekatnya dan bertumbuhnya plasenta, plasenta yang telah berkembang bisa menutupi ostium uteri. Hal ini diduga terjadi karena vaskularisasi desidua yang jelek, inflamasi, atau perubahan atropik.


KLASIFIKASI

Klasifikasi plasenta previa yang dikenal adalah

1. Plasenta previa totalis : Ostium uteri interna tertutup sempurna oleh plasenta

2. Plasenta previa parsial : Ostium uteri interna tertutup sebagian oleh plasenta

3. Plasenta previa marginal : Tepi plasenta berada pada margin ostium uteri interna

4. Plasenta letak rendah : plasenta berimplantasi pada segmen bawah rahim dimana tepi plasenta tidak mencapai ostium uteri interna, tetapi berdekatan dengan ostium tersebut.



Ciri-ciri plasenta previa :

1. Perdarahan tanpa nyeri

2. Perdarahan berulang

3. Warna perdarahan merah segar

4. Adanya anemia dan renjatan yang sesuai dengan keluarnya darah

5. Timbulnya perlahan-lahan

6. Waktu terjadinya saat hamil

7. His biasanya tidak ada

8. Rasa tidak tegang (biasa) saat palpasi

9. Teraba jaringan plasenta pada periksa dalam vagina

10. Penurunan kepala tidak masuk pintu atas panggul

11. Presentasi mungkin abnormal

Diagnosis plasenta previa ditegakkan dengan adanya gejala-gejala klinis dan beberapa pemeriksaan:

1. Anamnesis
Gejala pertama ialah perdarahan pada kehamilan setelah 28 minggu atau pada kehamilan lanjut (trimester III). Sifat perdarahannya tanpa sebab (causeless), tanpa nyeri (painless), dan berulang (recurrent). Perdarahan timbul sekonyong-konyong tanpa sebab apapun. Kadang-kadang perdarahan terjadi sewaktu bangun tidur ; pagi hari tanpa disadari tempat tidur sudah penuh darah. Perdarahan cenderung berulang dengan volume yang lebih banyak sebelumnya.

2. Pemeriksaan fisik

Pemeriksaan luar:

Inspeksi (penglihatan):

- Dapat dilihat perdarahan yang keluar pervaginam: banyak atau sedikit, darah beku dan sebagainya

- Kalau telah bwrdarah banyak maka ibu kelihatan anemis (pucat)

Palpasi

- Janin sering belum cukup bulan, jadi fundus uteri masih rendah

- Sering dijumpai kesalahan letak janin

- Bagian terbawah janin belum turun , apabila letak kepala, biasanya kepala masih goyang atau terapung (floating) atau mengolak di atas pintu atas panggul

- Bila cukup pengalaman, dapat dirasakan suatu bantalan pada segmen bawah rahim terutama pada ibu yang kurus.

Pemeriksaan dalam sangat berbahaya sehingga kontraindikasi untuk dilakukan kecuali fasilitas operasi segera tersedia.

Pemeriksaan dengan Alat:

- Pemeriksaan inspekulo, adanya darah dari ostium uteri eksernum

- Pemeriksaan USG:

a. Transvaginal Ultrasonografi dengan keakuratan dapat mencapai 100 % identifikasi plasenta previa

b. Transabdominal ultrasonografi dengan keakuratan berkisar 95 %

c. MRI dapat digunakan untuk membantu identifikasi plasenta akreta, inkreta, dan plasenta perkreta.

DIAGNOSIS BANDING

Diagnosis banding plasenta previa antara lain solusio plasenta, vasa previa, laserasi serviks atau vagina. Perdarahan karena laserasi serviks atau vagina dapat dilihat dengan inspekulo.
Vasa previa, dimana tali pusat berkembang pada tempat abnormal selain di tengah plasenta, yang menyebabkan pembuluh darah fetus menyilang servix.

Vasa previa merupakan keadaan dimana pembuluh darah umbilikalis janin berinsersi dengan vilamentosa yakni pada selaput ketuban. Hal ini dapat menyebabkan ruptur pembuluh darah yang mengancam janin. Pada pemeriksaan dalam vagina diraba pembuluh darah pada selaput ketuban. Pemeriksaan juga dapat dilakukan dengan inspekulo atau amnioskopi. Bila sudah terjadi perdarahan maka akan diikuti dengan denyut jantung janin yang tidak beraturan, deselerasi atau bradikardi, khususnya bila perdahan terjadi ketika atau beberapa saat setelah selaput ketuban pecah.

Cara menyelesaikan persalinan dengan plasenta previa adalah Seksio sesarea

Prinsip utama dalam melakukan seksio sesarea adalah untuk menyelamatkan ibu, sehingga walaupun janin meninggal atau tak punya harapan untuk hidup, tindakan ini tetap dilakukan.
Tujuan seksio sesarea :

1. Melahirkan janin dengan segera sehingga uterus dapat segera berkontraksi dan menghentikan perdarahan. Tempat implantasi plasenta previa terdapat banyak vaskularisasi sehingga serviks uteri dan segmen bawah rahim menjadi tipis dan mudah robek. Selain itu, bekas tempat implantasi plasenta sering menjadi sumber perdarahan karena adanya vaskularisasi dan susunan serabut otot dengan korpus uteri.

2. Menghindarkan kemungkinan terjadinya robekan pada serviks uteri, jika janin dilahirkan pervagina.

Jika Anda mengalami datau mendapatkan diagnosa plasenta privea maka sebaiknya Anda :

    Jika Anda terdiagnosa plasenta previa atau plasenta letak rendah di pertengahan kehamilan (trimester kedua), Anda sebaiknya melakukan USG lagi di akhir trimester kedua atau di usia kehamilan 32 minggu untuk memastikan dan memeriksa apakah posisi plasenta telah bergerak dan bergeser keatas mengikuti perkembangan dan peregangan rahim.
    Jika plasenta Anda tidak menutupi leher rahim seluruhnya (plasenta previa lateralis maupun plasenta letak rendah) dan Anda tidak mengalami perdarahan  k selama kehamilan Anda, ulangi USG pada 36 minggu. Namun, USG ulangan dianjurkan pada 32 minggu jika:
    Anda terdiagnosa plasenta previa di usia kehamilan 20 minggu

    jika Anda sudah pernah  operasi caesar sebelum dan plasenta Anda letak rendah di bagian depan rahim

Perawatan tambahan akan diberikan berdasarkan keadaan pribadi Anda. Jika Anda memiliki mengalami plasenta previa totalis,  Anda mungkin akan ditawarkan masuk ke rumah sakit setelah 34 minggu kehamilan. Bahkan jika Anda tidak memiliki gejala sebelumnya, karena ada risiko Anda bisa tiba-tiba berdarah  dan kondisinya parah, yang mungkin berarti bahwa Anda memerlukan operasi caesar mendesak.

Anda harus selalu menghubungi rumah sakit jika Anda pendarahan, kontraksi atau nyeri.

Dalam beberapa kasus, transfusi darah sangat penting untuk menyelamatkan hidup Anda dan kehidupan bayi Anda. Jika Anda merasa bahwa Anda tidak pernah bisa menerima transfusi darah, maka Anda harus menjelaskan hal ini kepada dokter kandungan dan bidan sedini mungkin. Anda kemudian dapat membahas keberatan atau pertanyaan tertentu yang mungkin Anda miliki.

Apa yang akan terjadi pada saat kelahiran?

Tim kesehatan akan menyarankan cara terbaik bagi Anda untuk melahirkan berdasarkan keadaan individu Anda sendiri. Jika Anda memiliki plasenta previa totalis, maka bayi Anda akan perlu dilahirkan melalui operasi caesar.

Kecuali ada pendarahan parah atau indikasi lain, persalinan dengan operasi caesar harus dilakukan setelah 38 minggu. Anda biasanya akan mendapatkan program pemberian kortikosteroid antenatal untuk membantu bayi Anda  untuk mengurangi Komplikasi dari lahir prematur.

Anestesi Anda akan mendiskusikan pilihan untuk anestesi jika Anda membutuhkan operasi caesar. Anda mungkin harus memiliki anestesi umum, terutama dalam situasi darurat.

Jika Anda terdiagnosa plasenta previa, Anda lebih mungkin membutuhkan transfusi darah. Pasokan darah harus tersedia, jika perlu, untuk keadaan pribadi Anda.

Dalam kasus ekstrim, jika perdarahan terus dan tidak dapat dikendalikan, histerektomi (pengangkatan rahim) mungkin satu-satunya cara untuk mengendalikan perdarahan.

Jika ada perdarahan sebelum tanggal perkiraan lahir (HPL) Anda, Bayi Anda mungkin harus  dilahirkan lebih awal dari yang direncanakan.
Apakah ada hal lain Anda harus tahu?

        Anda mungkin disarankan untuk menghindari hubungan seksual selama kehamilan, terutama jika Anda telah mengalami perdarahan.

        Anda mungkin akan ditawarkan pemeriksaan dengan spekulum (plastik atau alat besi digunakan untuk memisahkan dinding vagina) untuk melihat berapa banyak dan di mana perdarahan Anda berasal. Ini adalah pemeriksaan yang aman (tetapi harus di lakukan oleh dokter spesialis)

        Jika Anda terdiagnosa plasenta previa ataupun plasenta letak rendah,  Anda harus makan makanan yang sehat kaya akan zat besi untuk mengurangi risiko anemia.



Semoga bermanfaat

Sumber : Bidan Kita

Tidak ada komentar: