BALANCE SCORECARD
PERSPEKTIF PEMBELAJARAN DAN PERTUMBUHAN
Oleh : Nanang Sasongko,
Fak.Ekonomi – Universita Jenderal Achmad Yani
Pengukuran kinerja suatu
perusahaan adalah sangat penting bagi manjer, guna evaluasi dan perencanaan
masa depan. Beberapa jenis informasi yang digunakan dalam pengendalian
disiapkan dalam rangka menjamin bahwa pekerjaan yang dilakukan telah dilakukan
secara efektif dan efisien. Dengan demikian dalam masa proses pertumbuhan
perusahaan selalu diukur kinerjanya melalui : Informasi formal dan nonformal,
Informasi pengendalian tugas, Laporan anggaran dan laporan nonfinansial ,
Laporan pengunaan dan pengendalian biaya,
Laporan kinerja pegawai dan sebagainya.
Manajer dalam menjalankan tugas
sehari-hari akan menggunakan orang lain dalam operasi perusahaan , Orang lain
tersebut dalam hal ini pegawai harus diukur kinerja dari pegawai
tersebut,menurut Anthony, (1997)
pengukuran tersebut meliputi :
-
Proses
pemilihan pegawai
-
Meyakinkan
bahwa pegawai telah dilatih dengan cukup
-
Memutuskan
dan menempatan pegawai yang sesuai delam organisasi
-
Memberi
wewenang dan tanggung jawab
-
Disiplin,
memberi nasihat , dan saran
-
Meyakinkan
bahwa lingkungan kerja yang memuaskan
-
Membantu
memecehkan masalah
-
Menyetujui
tindakan yang diusulkan , diambil dan yang tidak boleh diambil Pegawai
-
Berinteraksi
dengan manajer lain
-
Kerjasama
dalam rangka memecahkan masalah yang menghambat pekerjaan pusat
pertanggungjawaban
-
Berusaha
menciptakan iklim yang mendorong pekerjaan untuk berkerja secara efektif dan
efisien.
Dengan demikian megukur kinerja tidak hanya informasi
finansial tetapi juga informasi nonfinansial, seperti masalah kinerja pegawai yang dihubungkan denga prestasi produksi.
Demikian informasi dan beberapa artikel yang pernah saya baca semoga bermanfaat, jika ada yang membutuhkan soft-nya bisa kita sharing. :)
Rgds,
Soleh Sugianto
Tidak ada komentar:
Posting Komentar