Rabu, 07 Januari 2015

Turunkan Iklan Rokok yang tidak Senonoh

SURAT TERBUKA KEPADA PT HM SAMPOERNA Tbk: 
Turunkan Iklan Rokok yang tidak Senonoh

Beberapa hari ini, di jalan-jalan  strategis  di kota Jakarta, kita bisa menemukan billboard iklan rokok Sampoerna A Mild yang menggambarkan  seorang laki-laki sedang  merangkul punggung seorang perempuan dengan mesra. Gambar tersebut dipadukan dengan sebuah tagline bertajuk “Mula mula Malu malu Lama lama Mau”,  seolah mengindikasikan bahwa hubungan antara laki-laki dan perempuan itu pada mula-mulanya malu-malu tetapi lama-lama mau.

Tagline dan gambar pasangan dalam iklan Sampoerna A Mild tersebut seharusnya tidak pantas untuk ditampilkan, karena visualisasi atas gambar dan tagline dapat ditafsirkan untuk hal-hal yang tidak senonoh dan bertentangan dengan norma sosial yang ada di masyarakat.

Kami menyayangkan mengapa pihak produsen rokok Sampoerna A Mild (PT HM Sampoerna Tbk) memilih visualisasi iklan pasangan muda mudi tersebut, yang tidak mencerminkan budaya ketimuran. Apalagi iklan tersebut ditempatkan di tempat umum, yang bisa dilihat oleh siapa saja, termasuk anak-anak. Kami khawatir tampilan iklan yang mengumbar perilaku yang bebas bisa memberikan dampak yang buruk terhadap perkembangan psikologi anak. Mereka akan menyerap iklan tersebut menjadi sebuah hal yang lazim, dan bahwa berpacaran dan berpelukan di depan umum dapat diterima sebagai suatu hal yang patut.

Karena itu, melalui Surat Terbuka ini,  kami menyampaikan protes keras kepada PT HM. Sampoerna Tbk  sebagai produsen rokok Sampoerna A Mild , dan menyerukan agar :
1.  PT HM Sampoerna  Tbk menghentikan penayangan iklan rokok Sampoerna A Mild  versi “Mula mula Malu malu Lama lama Mau” tersebut  di seluruh wilayah Indonesia.
2.  PT HM Sampoerna Tbk meminta maaf kepada  masyarakat Indonesia karena telah menyajikan tampilan visualisasi iklan yang tidak mencerminkan budaya ketimuran, dan menempatkan iklan tersebut di titik-titik strategis yang dapat diakses oleh anak-anak yang seharusnya belum patut menerima terpaan gambar tersebut.
Demikianlah surat terbuka ini kami sampaikan untuk menjadi perhatian.


Jakarta, 5 Januari 2015


Atas nama
Koalisi Masyarakat Sipil Untuk Perlindungan Anak dari Zat Adiktif
Hery Chariansyah, SH


Source : Republika


1 komentar:

cynthia chaniago mengatakan...


situs poker online terpercaya, dewa poker, texas poker, poker club,judi bola online,poker online indonesia, daftar situs poker online indonesia
poker 88,situs poker online indonesia uang asli,situs poker online terpercaya, dewa poker, texas poker, poker club,poker online indonesia
nice post....
article yang menarik untuk dibaca dan bermanfaat...
maju terus sob,,,
kunjungi blog saya juga ya sob, http://chaniaj.blogspot.com
dan kunjungi juga situs kesayangan kami http://www.oliviaclub.com/oliviaclub/index.php
link alternatif http://www.oliviaclub.net/oliviaclub/index.php
oliviaclub poker online uang asli indonesia terbaik dan terpercaya
Poker Indonesia, Indonesia Poker, Poker Online Indonesia
yuk,,buruan gabung,,ada bonus nya lho,,,,