Senin, 17 November 2008

Kelinci dan Kura-kura

Disuatu masa disuatu dimensi,kura-kura berdebat dengan
kelinci mengenai siapa yang lebih cepat. Akhirnya
mereka memutuskan untuk adu lari dan sepakat jalurnya.
Kelinci melesat ninggalin kura-kura. Setelah tahu
kura-kura tertinggal jauh di belakang, kelinci mutusin
untuk beristirahat sejenak sebelum lanjut lagi, "Ah,
gue istirahat dulu, ntar klo si kura-kura dah deket
baru gue lari lagi.". Kelinci duduk di bawah pohon (ga
di atas pohon karena kelinci ga bisa manjat) dan
akhirnya tertidur pules.
Kura-kura akhirnya melalui kelinci yang sedang
tertidur dan memenangkan adu lari.
Akhirnya kelinci pun terbangun dan menyadari dirinya
telah kalah.
Moral : alon-alon asal kelakon yg akan berjaya


Karena malu dan kecewa yang mendalam, kelinci
melakukan Antisipasi Kegagalan (Root Cause Analysis).
Ia yakin bahwa kekalahannya hanya karena ia terlalu
percaya diri, ceroboh dan lalai. "Klo kemaren gue ga
macem2, ga mungkin gue kalah" pikir kelinci.
Ditantangnya lah si kura-kura, "Hei kura-kura, sini
loe. Gue ga trima loe menang kemaren, ayo kita lomba
lagi, sekali ini pasti gue yang menang" .
Si kura-kura nyante aja ngejawab, "hayyuukk, siapa
takut?"
Akhirnya dimulai lomba, dan dari awal lomba kelinci
melesat meninggalkan kura-kura dan terus berlari
hingga ke garis finish.beneran juga, kelinci yang
menang.
Moral : Yang cepet dan konsisten selalu mengalahkan alon-alon asal kelakon .


Kura-kura panas, dan setelah dipikir-pikir baru nyadar
klo dia ga bakalan bisa ngalahin kelinci dengan
kondisi seperti itu. Ditantangnyalah kelinci adu lari
ke suatu tempat. "Hei kelinci, ayo kita lomba lagi.
Sekarang kita lewat jalan ini ke sana. Brani ga loe?"
Ditantang seperti itu, kelinci langsung mau aja karna
dah yakin dia yang bakalan menang, wong kemaren aja
dia bisa menang.
Lomba dimulai dan dengen kencangnya kelinci berlari
meninggalkan kura-kura.
"Yang penting gue jangan setop-setop, pasti gue
menang." pikir kelinci.
Ndilalah, ternyata jalan di depan kelinci terhalang
sungai. "Duh, gimana nih gue nyebrangin ni sungai? Gue
ga bisa brenang lagi" termenung si kelinci mencari
jalan menyebrangi sungai.
Lama termenung, akhirnya kelinci melihat kura-kura
dateng dan nyebur berenang di sungai, keluar lagi
berjalan pelan menuju garis finish.
Terpaku kelinci melihat kemenangan si kura-kura.
Moral : ketahui yu punya kemampuan dan ubah keadaan sesuai kemapuan yang yu punya .


Ngeliat si kelinci terpaku sedih, kura-kura pun
menghampirinya dan bilang,"dah, jangan sedih, besok
kita ulangin lagi, tapi kita bareng-bareng."
Esoknya, lomba dimulai lagi, tapi sekarang kelinci
nggendong kura-kura sampe tepi sungai. Kemudian
gantian kura-kura menggendong kelinci menyebrangi
sungai dilanjutkan kembali kelinci nggendong kura-kura
sampe garis finish.
Hasilnya mereka berdua lebih cepat sampai di garis
finish.
Moral : pinter dan berkemapuan tapi ga bisa kerjasama bakalan percuma karena dengan kerjasama maka kekurangan akan dipenuhi oleh yg lainnya .


Hikmah :
1. yang cepet dan konsisten selalu mengalahkan yg
alon-alon asal kelakon
2. kerjalah sesuai kemapuanmu
3. kumpulkan sumber daya dan kerja sebagai tim selalu
mengalahkan kelebihan pribadi
4. jangan menyerah bila gagal
5. berlombalah dengan situasi, jangan dengan saingan



Information From

Tidak ada komentar: