Senin, 01 Desember 2008

Ciri-ciri Orang Sukses

Sudah pernah membaca buku tentang rahasia sukses menjadi kaya? Belum pernah? Cobalah baca beberapa. Di sana Anda pasti akan menemukan sejumlah rumus, bagaimana cara menjadi kaya. Baik rumus yang mudah, susah, maupun rumus yang "ah kok begini sih caranya". Seakan-akan hidup ini dapat diselesaikan dengan sebuah rumus. Kalau Anda punya uang sekian, simpan, bunga sekian persen, maka dalam sekian tahun uang Anda akan mencapai sekian. Kalau memang ada rumus hidup untuk menjadi kaya, saya kok yakin semua orang akan berlomba-lomba menggunakan rumus itu. Dan. semua orang menjadi kaya. Tapi ternyata tidak demikian kenyataannya. Yang ada mungkin bukan rumus semacam E=MC, tetapi resep-resep bagaimana agar hidup Anda dipenuhi keberhasilan. Menjadi kaya, biasanya identik dengan sukses. Dan kesuksesan, seringkali menjadi bibit buat kesuksesan berikutnya. Oleh karena itu, setiap yang mau kaya, harus rajin mencari titik-titik awal kesuksesan, sehingga bisa mengundang sukses yang lain. Bagaimana caranya?


Pertama
Orang sukses biasanya mendapatkan dukungan dari orang-orang sekitarnya yang juga sukses.
Saya sarankan hati-hati bergaul dengan lingkungan, selektiflah, jangan asal bergaul. Bila lingkungan sekitar kita dipenuhi banyak orang sukses, saya yakin kesuksesan tinggal menunggu waktu buat kita. Tapi kalau Anda kebanyakan nonton sinetron, maka kepala Anda setiap hari hanya dipenuhi bidadari atau genderuwo. Kapan ya peri di sinetron itu membantu kita agar cepat sukses?
Salah satu cara paling mudah agar Anda lebih cepat mencapai kesuksesan, adalah dengan menolong orang lain terlebih dahulu. Kok begitu? Ya begitu!!! Menolong orang lain agar mereka sukses. Dengan menolong orang lain, biasanya ide-ide Anda lebih leluasa terpancar dari pikiran, menemukan jalan keluar buat masalah orang lain. Kalau berpikir untuk memecahkan masalah sendiri, ampuuun, seakan-akan jadi orang paling menderita sedunia. Sulit. Ingat sistem yang berjalan di alam ini. Ingat hukum resiprokal. Apa yang kita tanam itulah yang akan dituai. Dengan Anda membantu orang lain untuk sukses, maka alam akan mengembalikan bibit tersebut, menjadi lahan kesuksesan buat Anda. Inilah awal kesuksesan.

Kedua
Kesuksesan bisa timbul dari adanya imbalan dalam berbagai bentuk. Bisa berupa pujian atau reward atau berbentuk uang. Pujian atau uang, akan membuat seseorang lebih bersemangat dalam berkarya. Lalu dari mana datangnya pujian itu? Dari Anda sendiri. Caranya, biasakan Anda memberikan pujian kepada Anda sendiri, ketika mendapatkan kesuksesan sekecil apapun. Dengan demikian, Anda tidak perlu menunggu orang lain memuji, agar Anda lebih bersemangat menggapai kesuksesan. Bukankah motivasi terbaik lahir dari dalam diri kita
sendiri?


Ketiga
Kesuksesan biasanya tergantung dari sistem yang berlaku dalam sebuah tatanan masyarakat. Saya sering mengatakan, sistem yang dianut di Indonesia adalah sistem kapitalis. Para pemilik modallah yang diuntungkan oleh sistem kapitalis. Merekalah yang berhak mendapatkan profit usaha, bukan karyawan. Profit yang besar, pasti akan membuat Anda lebih bersemangat bekerja. Maka kalau Anda mau lebih cepat sukses, jadilah pemilik modal, jadilah pemilik perusahaan yang mempekerjakan banyak karyawan. Terakhir, Kesuksesan pasti akan mengundang kesuksesan lainnya. Itulah mengapa, saya menyarankan, bentuklah gelombang sukses! Bagaimana cara membentuk gelombang sukses? Mudah, ukurannya bukan lagi pada modal, atau dukungan orang lain, atau tergantung pengalaman. Tapi dimulai dari itikad baik dalam membantu orang lain.

Klo ada yang mo Nambahin Silahkan.......

Tidak ada komentar: