Jumat, 27 November 2009

YAMAHA BISON

fz16

Yamaha kembali menggebrak pasar motor naked bike. Setelah meluncurkan Scorpio dan Scorpio Z, serta Yamaha Vixion yang keren dan canggih itu, kini Yamaha Indonesia siap – siap meluncurkan motor terbaru mereka Yamaha FZ-16 atau Yamaha Bison.

Dari segi penampilan, Yamaha Bison keren banget. Tampak gagah dan jantan (bukan ayam loh!). Saya aja langsung jatuh cinta pada pandangan pertama…..wuuuauw……

Nih saya jabarin sekilas spek – spek nya, saya jamin setelah baca pasti bakalan jatuh cinta juga deh !

Dari lampu depan, Yamaha FZ-16 hadir dengan desain baru, ngak bulat kayak Vixion

feature_fz16_7

Desain Knalpot baru dan yang pertama. FZ-16 punya knalpot berbentuk pendek dan besar. Dijamin suaranya pasti ngebass abis…… Brooouuumm…broouuum…brooouum….

feature_fz16_3-200x152

Desain tangki yang sporty dan futuristic. Tangki yang gede mampu menampung 12 liter bensin. Bagus nih buat ngeber ke luar kota.

feature_fz16_8-200x152

Yamaha FZ-16 sudah memakai ban lebar, sangat sesuai dengan jenis motor dengan kelas sporty naked bike. So, Bison tampak gagah…kayak Bison sungguhan. Ga seperti brothernya, Vixion, yang punya tampang gagah, tapi kaki nya kecil seperti kurang kalsium aja, hehehehehe…… O iya, ban nya uda tubeless loh…keren…….!

feature_fz16_4-200x152

Nih Monoshock yang dipake FZ-16, gede tapi ayunannya lentur dan mantaf……. auuwwww….!

feature_fz16_2-200x152

Ini nih yang pertama dari Yamaha, FZ-16 sudah make digitalyzed dashboard.

feature_fz16_9-200x152

Dari segi mesin, Yamaha FZ-16 masih di bawah brothernya. FZ-16 hanya berkapasitas 150cc dengan power max 14 HP. Namun, sistem pengapiannya masih menggunakan karbulator. Ini nih strategi pasar Yamaha yang terus menjaga pangsa pasar untuk semua jenis motornya. Tapi ada bagusnya loh, karena kita bisa utak atik main jet nya, biar bisa nambah kenceng euy…!

feature_fz16_1-200x152

Tapi sayang, sistem pendingin FZ-16 masih menggunakan sistem pendingin udara alias air cooler. Lagi – lagi ini strategi pasar Yamaha sama.

Dengar – dengar dari kabar burung…(ga tau nih jenis burung apa, beo kali ya) harganya berkisar cuma 18 – 19 jeti. Wah, uda ga sabaran nih nunggu loncing nya…… ayo Yamaha sama cepetan dong loncing nya….uda kagak nahan…..!

Nih spek – spek lengkapnya si bison :

Engine

Engine type Air-cooled, 4-stroke, SOHC, 2-valve
Displacement 153.0cm3
Bore & Stroke 58.0 × 57.9mm
Compression ratio 9.5:1
Maximum output 14PS / 7500 rpm
Maximum torque 14 N.m / 6000 rpm
Starting method Electric starter
Lubrication type Wet sump
Carburetor type BS26
Clutch type Constant mesh wet multiplate
Ignition type CDI
Primary/secondary reduction ratio 3.409 / 2.857
Transmission type Return type 5-speed

Chassis

Frame type Diamond
Suspension (front/rear) Telescopic / Monocross
Wheelbase 1,335mm
Brake type(front/rear) Hydraulic single disc / drum
Tire size (front/rear) 100/80-17 / 140/60-R17

Dimensions

Overall Length × Width × Height 1,975mm × 770mm × 1,045mm
Seat height 790mm
Wheelbase 1,335mm
Minimum ground clearance 160mm
Dry weight/Curb weight 126 kg / 137 kg
Fuel tank volume 12 liters
Engine oil volume 1.2 liters

2 komentar:

chris mengatakan...

mw tnya nie kira2 ban tubless yg bagus apa ya..??yg dipake bison ini tublesnya ukuran berapa..??

My Dream is My Lucky mengatakan...

Wah banyak pilihan...nich...
Bisa coba dari Pabrikan Kita Sendiri...(Brigestone), IRC, DUNLOP dll