Jumat, 02 April 2010

Domain Mana yang Teraman?

Sumber: Lathiefa Nur Ilma


NamaDomain.com, Jakarta, Produsen software keamanan terkemuka, McAfee minggu ini mengumumkan situs dengan akhiran .sg adalah salah satu yang teraman di dunia.

Domain .sg adalah domain negara Singapura yang memiliki tingkat keamanan tinggi karena kecilnya kemungkinan disusupi oleh spam, virus dan pop-up.
Selain itu, McAfee juga menyatakan domain .sg masuk dalam jajaran gateway aman.

Dalam penelitian tersebut, seperti dikutip detikINET dari AsiaMedia, Jumat (23/3/2007), selain Singapura, ada beberapa domain negara lain yang juga dikategorikan aman, seperti Australia (.au), Swedia (.se), Norway (.no) dan
juga domain pemerintahan, .gov.

Selain mengkategorikan domain-domain aman, penelitian yang melibatkan 8 juta alamat situs Internet dan 71 domain di seluruh dunia tersebut juga menyimpulkan bahwa situs informasi dengan domain .info termasuk dalam domain kurang aman.

Selain domain informasi, terdapat domain 3 negara yang harus diwaspadai karena dianggap kurang aman. Domain tersebut adalah .tk milik pulau Tokeau di Pasifik Selatan, .ro milik negara Rumania dan domain .ru milik negara Rusia.

Disinyalir, domain yang dinilai kurang aman tersebut menjadi 'rumah' bagi program-program jahat seperti malware yang dapat menghambat sistem komputer, mencuri password dan bahkan memungkinkan penyusup untuk mengambil alih komputer.
(lni/lni)

Tidak ada komentar: