Kamis, 18 April 2013

Kosakata Internal Quality Audit

Quality Audit
Adalah Pengujian sistematik dan independen untuk menetapkan apakah kegiatan mutu dan hasil yang berkaitan sesuai dengan pengaturan yang direncanakan dan apakah pengaturan-pengaturan tersebut diterapkan secara efektif dan sesuai untuk mencapai tujuan.

Auditor  : Personel yang memiliki kualifikasi dan diberi wewenang untuk melaksanakan audit.

Auditee : Personel yang ditunjuk mewakili departemen/bagiannya.

Temuan Audit    :    Hasil evaluasi dari bukti audit yang dikumpulkan dibandingkan terhadap kriteria audit.

        Temuan audit ada 3 kategori :
A.    Sesuai             : Sudah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.
B.    Tidak sesuai    : Tidak memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan, ada 2 kategori :

Major    :  
Tidak ada prosedur yang memenuhi beberapa persyaratan ISO, atau ditemukan banyak  kekurangan-kekurangan yang mengindikasikan kelemahan sistem secara keseluruhan, atau prosedur tidak diimplementasikan.    

Minor :
Tidak ada prosedur yang mewakili satu persyaratan ISO, atau ada beberapa indikasi kekurangan-kekurangan dalam sistem yang tidak berdampak langsung terhadap produk dan harus diperbaiki dalam jangka waktu yang tertentu.

C.    Observation :     Saran-saran bagi perbaikan sistem berdasarkan pengamatan auditor selama audit berlangsung. Observation juga dapat berisikan mengenai temuan-temuan audit yang bersifat positif (pemenuhannya melebihi dari yang dipersyaratkan).    

    Top Management : CEO (Chief Executive Officer) atau dapat diwakili oleh Senior Management dengan level minimal General Manager.

Tidak ada komentar: